Post Ke 2

3748461.jpg3748461.jpg3748461.jpg3748461.jpg

 3748461.jpgKalo pernah ngebandingin antara gitar listrik dengan akustik,ada beberapa persamaan di antara keduanya. Pertama tentu ada jumlah senar yang sama – sama 6 yang ada di-Tuning oleh Tuning Pegs Plus fret dan leher gitar.Perbedaan mendasar adalah pada badan gitar. Beberapa gitar elektrik ada yang mempunyai body Hollow atau Semi Hollow dengan lubang resonansi yang mirip dengan akustik gitar. Tapi pada umunya gitar listrik menggunakan Solid Body.

Untuk mengeluarkan suara gitar listrik menangkap getaran senar secara elektronik dan meneruskan sinyal listrik tersebut ke ampli dan speaker. Proses penangkapan getaran itu menjadi tugas Pick-Up magnetic yang dipasang dibawah senar pada bodi gitar. Pick-Up magnetic secara sederhana.

Senar yang bergetar menyentuh wilayah magnet pick-up, kemudian getaran itu diubah menjadi sinyal dalam koil pick-up. Pick-up jenis ini terdiri atas batangan magnet yang dibungkus 7000 gulungan kabel. Secara fisika koil dan magnet dapat mengubah energi listrik menjadi gerak. Dalam prinsip yang sama energi gerak juga bisa diubah menjadi tenaga listrik. Dalam kasus sura gitar, senar baja yang bergetar menghasilkan getaran yang bergetar dimedan magnet dan getaran itu terjadi dala koil.Jadi, gara – gara Pick-Up inilah senar yang senar kita petik di gitar listrik menjadi terdengar di Speaker dan ampli  

Leave a comment